Selasa, 15 Januari 2019

Penting Tahu ! Beragam Penyakit Yang Menyerang Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Sehingga banyak sekali penyakit yang menyerang organ yang satu ini. Dan anda perlu tahu beragam penyakit yang menyerang ginjal.

Penyakit yang menyerang ginjal ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh, bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ginjal memiliki peran sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme, sehingga apabila ginjal mengalami gangguan, tentunya tubuh akan mengalami masalah kesehatan.

Lantas Apa Saja Penyakit Yang Menyerang Ginjal ?

Berikut ini ada beragam jenis penyakit yang menyerang ginjal dan sering kali terjadi, adalah :

  • Infeksi Ginjal

Penyakit yang satu ini berkaitan erat dengan ISK ( Infeksi Saluran kencing). pasalnya infeksi ginjal ini ketika bakteri yang menginfeksi kandung kemih menyebar pada organ ginjal.

Dimana seseorang yang mengalami kondisi tersebut akan merasakan rasa nyeri atau sakit pinggang bagian samping, demam, menggigil, tubuh terasa mudah lelah, kehilangan nafsu makan, rasa lelah berlebih dan diare.

  • Batu Ginjal

Penyakit berikutnya yang menyerang ginjal adalah batu ginjal. Penyakit yang satu ini terbentuk akibat adanya pengendapan garam kalsium dalam rongga ginjal, saluran ginjal bahkan kandung kemih.

Sama halnya dengan infeksi ginjal, penderita batu ginjal juga bisa merasakan rasa nyeri pinggang bagian samping. Dan gejala lainya berupa rasa panas saat buang air kecil, darah dalam urin dan urin berbau.

Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, sebaiknya anda perbanyak minum air putih dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dan B6.

  • Radang Ginjal

Penyakit pada ginjal yang sering kali terjadi adalah radang ginjal atau nefritis glomerolus. Dimana penyakit ini bisa menyebabkan sel darah merah dan protein di dalam tubuh tercampur dengan urin.

Apabila anda mengalami beberapa keluhan yang tidak biasanya, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter, agar penyakit yang anda alami mendapatkan pengobatan dengan cepat. Jika tidak maka penyakit ginjal yang dialami bisa menyebabkan gagal ginjal.

  • Gagal Ginjal Akut

Penyakit gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal tidak lagi berfungsi secara tiba-tiba. Dimana kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan garam dan zat kimia dalam tubuh yang bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh lainya jika tidak segera ditangani.

Beragam jenis penyakit yang menyerang ginjal diatas, jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa mengakibatkan dampak buruk yang bisa mengancam nyawa penderitanya.

Maka dari itu sebaiknya anda rutin melakukan cek kesehatan dan menerapkan pola makan sehat dan pola hidup lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar