Selasa, 01 Januari 2019

Cara Membedakan Batuk Biasa Dengan Batuk TBC

Batuk merupakan suatu kondisi yang umum terjadi, namun tahukan anda bahwa batuk juga termasuk ke dalam tanda penyakit TBC. Mungkin masih banyak orang yang sulit membedakannya. Maka dari itu disini kami akan menyampaikan informasi mengenai cara membedakan batuk biasa dengan batuk TBC.


Batuk merupakan keluhan yang kerap kali dialami oleh banyak orang sebagai penyakit musiman yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan yang serius. Batuk biasa bisa sembuh dengan menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak dan minuman dingin.

Namun beda halnya dengan batuk yang disebabkan oleh penyakit TBC. Dimana batuk yang timbul akibat penyakit TBC biasanya akan terjadi secara terus menerus dalam beberapa minggu bahkan bulan.

Bagaimana Cara Membedakan Batuk Biasa Dengan Batuk TBC ?

Berikut ini ada beberapa perbedaan batuk biasa dengan batuk TBC yang perlu anda cermati, agar anda bisa melakukan penanganan yang tepat apabila anda mengalami batuk.

  • Penyebabnya berbeda

Batuk biasa pada umumnya disebabkan oleh virus, polusi, asma dan penyakit lainya. Beberapa orang mungkin akan mengalami batuk jika saluran pernapasan yang sensitif dan terpapar oleh udara yang kotor.

Sedangkan batuk yang terjadi karena penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang tersebar di udara.

  • Gejala Penyakit TBC Lebih Banyak

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa batuk biasa akan sembuh hanya dalam beberapa hari saja tanpa harus mengkonsumsi obat tertentu atau perawatan serius. Namun, apabila batuk semakin parah dan semakin menimbulkan banyak gejala, batuk yang timbul bisa dibilang akibat penyakit TBC.

Gejala penyakit TBC yang akan menyertai batuk adalah demam, dada terasa nyeri, menggigil, berat badan menurun, berkeringat di malam hari, kehilangan selera makan dan tubuh menjadi mudah lelah.

  • Pencegahanya berbeda

Untuk mencegah batuk biasa, penderitanya cukup rutin mencuci tangan, berhenti merokok dan lebih banyak mengkonsumsi air. Sedangkan untuk mencegah penyakit TBC, penderitanya perlu melakukan vaksin tbc.

  • Tahapan TBC

Tidak seperti batuk yang biasanya, gejala penyakit TBC seperti batuk yang cukup parah akan muncul apabila sudah berada di tahap aktif. Dimana seseorang akan melalui 2 tahap ketika terinfeksi dengan bakteri TBC, yakni tahap laten dan tahap aktif.

Pada tahap laten, bakteri tbc sudah berada dalam paru-paru, namun tidak menimbulkan gejala apapun. Sedangkan untuk tbc tahap aktif, gejala akan muncul dan penyakit akan mudah menular melalui udara.

  • TBC bisa mempengaruhi organ tubuh lain

Apabila penyakit TBC yang dialami sudah parah, maka bakteri yang menjadi penyebab tbc bisa mempengaruhi organ tubuh lainya seperti ginjal, tulang belakang dan otak.

Dimana semakin parah kondisi penyakit TBC, maka gejala yang timbul juga akan semakin parah dan bertambah kompleks.

Dengan mengetahui perbedaan batuk biasa dengan batuk TBC diatas, anda bisa melakukan penanganan yang benar dan tepat untuk pengobatanya. 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai cara membedakan batuk biasa dengan batuk TBC yang perlu anda ketahui. 

Apabila informasi sederhana ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk membagikanya...

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus