Senin, 07 Januari 2019

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC Dari Penderita Ke Orang Sehat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit TBC adalah suatu penyakit pernapasan kronis yang terjadi akibat infeksi bakteri. Dimana bakteri tersebut bisa menular dengan mudah. Maka dari itu penting untuk anda mengetahui cara mencegah penularan penyakit TBC dari penderita ke orang sehat.


Bakteri yang menjadi penyebab penyakit TBC menyebar ketika penderitanya mengeluarkan dahak atau cairan dari mulutnya seperti saat batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, meludah atau bahkan tertawa yang kemudian akan terhirup oleh orang yang ada di sekitarnya.

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh tidak aktif berkembang biak dan menyerang tubuh. Faktanya kebanyakan orang pernah terpapar oleh kuman TBc selama hidupnya, namun hanya sebagian kecil orang yang terinfeksi dan mengidap penyakit tbc aktif.

Lantas Siapa Sajakah Orang Yang Paling Berisiko Tertular Penyakit TBC

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau kebersihan diri yang buruk bisa mempermudah bakteri TBC untuk masuk ke dalam tubuh.

Itulah sebabnya mengapa anak-anak, lansia dan orag dengan HIV atau AIDS, penderita kanker, diabetes, ginjal dan penyakit autoimun lainya memiliki resiko lebih tinggi untuk terinfeksi oleh TBC.

Lantas Bagaimana Cara Untuk Mencegah Penularan TBC ke Orang Sehat ?

Meski kondisi penyakit ini begitu sangat menular, akan tetapi jika hanya sekedar berjabat tangan atau berbagi makanan dengan penderitanya anda tidak akan tertular penyakit tbc.

Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tbc, breikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh penderitanya untuk menegah penularan penyakit tbc pada orang disekitarnya, yakni :

  • Menutup mulu saat batuk dan bersin dengan masker
  • Jangan meludah atau membuang dahak sembarangan
  • Hindari kontak langsung dengan anak-anak
  • Biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan

Dengan melakukan beberapa tips diatas, orang sehat tidak akan tertular oleh penyakit tbc yang sedang dialami oleh penderitanya. 

Itulah cara mencegah penularan penyakit tbc dari penderitanya ke orang yang sehat yang bisa kami sampaikan untuk anda, semoga informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar penyakit tbc.

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus